Ayo Kita Lestarikan Gaharu


Menanam Gaharu Bersama Mitra DGI Jatim 1

Menanam Gaharu Bersama Mitra DGI Jatim 1

Jika Anda memiliki lahan, sebenarnya banyak hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk memanfaatkan lahan tersebut, khususnya lahan di sekitar kita yang masih belum dimanfaatkan. Tanpa kita sadari, area tanah kosong yang kita miliki begitu luas artinya masih cukup untuk kita manfaatkan dengan menanam  pohon. Karena dengan menanam pohon kita telah membantu mengendalikan pemanasan global yang terjadi selama ini. Disamping itu kita turut serta mengendalikan peredaran oksigen yang kita hirup setiap hari, dengan oksigen yang lebih segar dan fresh. Paling tidak itulah yang bisa kita dapat bila kita menanam minimal sebatang pohon.

Bibit Gaharu Aqualaria Malaccensis

Bibit Gaharu Aqualaria Malaccensis

Apapun jenis pohon yang Anda tanam, pasti bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar kita. Setidaknya jika Anda menanam pohon sekarang, kelak bisa dinikmati minimal anak cucu kita nantinya. Namun, mari kita menanam, bukan hanya sekedar menanam, tetapi menanam pohon yang berharga dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Contohnya adalah Gaharu. Tanaman ini dari sisi ekonominya mempunyai nilai yang sangat tinggi. Apabila setiap pohonnya sekurangnya dihasilkan 0,6 kg gubal gaharu, 10 kg kemedangan dan 20 kg serbuk (serpih) gaharu dengan harga Rp 20 juta untuk kualitas Super, Rp 2 juta untuk kemedangan dan Rp 250 ribu untuk kualitas serbuk maka diperoleh nilai ekonomi Rp 37.000.000  per pohon berumur setelah 6-8 tahun. Ini adalah perhitungan minimal, sesuai pengalaman, 1 batang gaharu bisa menghasilkan lebih dari 2 kg gubal, 20 kg kemendangan dan 20 kg serbuk.

Kebutuhan gaharu dunia sangat besar, quota Indonesia yang 300 ton/tahun baru terpenuhi 10 %. Oleh karenanya, ini menjadikan peluang budidaya gaharu sangat prospektif, sekali dayung dua pulau terlampaui, sekali menanam pohon dua hal tercapai : konservasi dan peningkatan ekonomi. Ayo, siapa mau nanam pohon dengan gaji Rp 37 juta? Itu  untuk setiap 1 batang pohon, lho! Bagaimana jika kita menanam 10 batang atau 100 batang? Berapa hasil yang bisa didapat? Kegiatan pelestarian hutan akan semakin mengasyikan dan tentunya mensejahterakan masyarakat.

Artikel Terkait : Ayo Kita Kenali Beberapa Istilah Umum Seputar Gaharu

“Lingkungan Lestari, Masyarakat Sejahtera, Kemiskinan Bisa Teratasi”.

Jadi tunggu apa lagi, ayo kita lestarikan lingkungan sekitar dengan menanam gaharu, untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi kami, PT. Duta Gaharu Indonesia Divisi 1 Jawa Timur, CP: Bpk. Rony, HP: 081334123595, WA: 082232111864, atau email: dgijatim@gmail.com.

 

Semoga bermanfaat,

 

Salam Gaharu,

Sumber: dari berbagai sumber.