Bagaimana Cara Menanam Pohon Gaharu (Agarwood)??


Penanaman Gaharu Milik Mitra di Wilayah Dampit

Penanaman Gaharu Milik Mitra di Wilayah Dampit

Artikel Terkait : LET’S GO GREEN, GO GAHARU INVESMENT

Pohon penghasil gaharu cocok ditanam di antara daerah dataran rendah hingga ke perbukitan pada ketinggian 0 – 1.200 meter dari permukaan air laut dengan curah hujan kurang dari 2000 cm, suhu yang sesuai adalah antara 27°C hingga 32°C dengan kadar cahaya untuk matahari sebanyak 40-60%, jenis tanah yang sesuai adalah jenis lembut / gembur dan liat berpasir dengan pH Heard tanah antara 4.0 hingga 6.0.
Langkah-langkah sebagai berikut :

1. Bersihkan lahan untuk keperluan pembuatan lubang, untuk memudahkan penanaman sebaiknya dilakukan pengajiran/ patok dengan dimensi sesuai keinginan.
2. Jarak tanam yang ideal untuk bibit gaharu 3m x 3m, dianjurkan dengan sistem tumpang sari di antara pohon coklat, karet, sengon dan sebagainya.
3. Galilah tanah dengan lubang ukuran 30cm x Alumni 30cm dengan kedalaman cheap jerseys 50 cm, pisahkan antara tanah galian atas dan tanah galian bawah.
4. Siapkan pupuk kandang atau kompos yang akan menggantikan tanah bawah (dimasukkan terlebih dahulu). Pupuk kandang sangat Machine dianjurkan kotoran ayam atau kambing. Bisa juga sampah-sampah berupa daun-daun yang bisa Penghasil dijadikan kompos.
5. Penanaman bibit gaharu sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan di pagi hari sampai jam 10.00 waktu setempat, dan dapat dilanjutkan pada jam 4 sore/ petang harinya.
6. Kemudian ambil bibit Gaharu yang siap tanam, gunting atau gunakan cutter untuk membuang pembungkus/ polybag jangan sampai tanah bawaan lepas dari akan tanaman, lalu tutup tanah galian seperti biasa. (bibit sebaiknya sudah ditempatkan di lokasi kebun minimal 3 hari sebelum ditanam).
7. Sebelum ditanam sebaiknya tanah polybag direndam jika kering.
8. Buatlah atap pelindung dari Gelato daun ilalang jika kebun monokultur / terbuka hingga tanaman berumur 18 bulan, setelah itu lahan dapat mulai dibuka.
9. Waspadai kutu putih jika terlalu lembab, dapat dibasmi dengan menggunakan furadan. Jika musim kemarau, perhatikan daunnya, jika daun mulai menguning, artinya pohon kepanasan, maka segera buat peneduh.

Langkah Pemeliharaan Masa Tanam

Pemupukan dapat dilakukan sekali 3 bulan, namun dapat juga setiap 6 bulan dengan kompos sebanyak 3 kg melalui pendangiran dibawah canopy. Penggunaan pupuk kimia seperti NPK dan majemuk dapat juga ditambahkan setiap 3 bulan dengan dosis rendah (5 gr/tanaman) setelah tanaman berumur 1 tahun, kemudian dosisnya bertambah sesuai dengan besarnya batang tanaman.

Hama tanaman gaharu wholesale jerseys yang perlu diperhatikan adalah kutu putih yang hidup di permukaan daun bawah, bila kondisi lingkungan lembab. Pencegahan dilakukan dengan pemangkasan pohon pelindung dan pruning cheap nba jerseys agar kena cahaya matahari diikuti penyemprotan pestisida seperti Tiodane, Decis, Reagent, air destilat sirih, dll. Pembersihan gulma dapat dilakukan sekali 3 bulan atau pada saat dipandang perlu.

Anda tertarik ikut join??? Segera dapatkan informasi lebih lanjut mengenai budidaya gaharu program kemitraan dengan PT. Duta Gaharu Indonesia Divisi 1 Jawa Timur, Jl. Ontoseno 8/60A, Polehan, Malang, Jawa Timur. CP: Bpk. Ronny, Mobile: *Simpati: 081334123595, *IM3: 085746861974, *WA: 082232111864, *BB: 5B1F03E0, *Email: dgijatim@gmail.com.

Semoga bermanfaat,

 

Salam Gaharu


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *