CARA PRAKTIS MEMBASMI KUTU PUTIH PADA TANAMAN GAHARU

Kutu putih merupakan salah satu hama tanaman gaharu yang berbahaya terutama pada tanaman muda, hama ini menyerang di bagian batang dan dibawah permukaan daun. Hal ini terjadi jika tanaman terlalu lembah atau basah. Kutu putih perkembangannya sangat cepat sehingga bila tidak segera dibasmi akan menyebabkan tanaman kerdil, kering dan bahkan bisa mati.

Berikut adalah beberapa cara praktis mengatasi kutu putih namun terbukti efektif :

1. Dengan air sabun colek/detergen bubuk.

Caranya campurkan satu sendok makan sabun/detergen dengan air bersih satu liter kemudian diaduk-aduk beberapa saat. Kemudian semprotkan dari arah bawah dimana kutu putih berada atau lapkan dengan spon ke bagian yang terkena kutu putih tersebut. Untuk lebih baiknya pohon di condongkan agar air sisa semprotan tidak mengenai akar pohon.  Semprot setiap hari sekali sampai kutu putihnya hilang. Lakukan di pagi hari karena salah satu fungsi cairan sabun tersebut adalah untuk menghilangkan lapisan lilin yang terdapat pada kutu putih tersebut yang menyebabkannya sukar dibasmi dengan pestisida biasa.

2. Dengan memelihara serangga rang-rang (semut merah besar telurnya biasa dijadikan makanan burung).

Peliharalah semut rang-rang di dekat pohon gaharu, ikatkan sisa tulang ayam atau ikan untuk mengundang datangnya serangga rang-rang. Maka semut rang-rang akan memakan kutu putih tersebut.

Cara ini sangat sederhana tetapi cukup ampuh, selamat mencoba dan merawat tanaman gaharu Anda, kiranya semuanya bertumbuh dengan baik dan sehat, sehingga kelak siap untuk diinokulasi kelak. Let’s go green… go gaharu plantation…

 

Untuk informasi budidaya & investasi gaharu

Segera hubungi kami, PT. DUTA GAHARU INDONESIA DIVISI 1 JAWA TIMUR

CP: Bpk. RONY, HP: 081334123595 / WA: 082232111864, BB: 7e775660

atau Email : dgijatim@gmail.com

Advertisement

Comments are closed.