Inovasi Baru Teknik Inokulasi Gaharu Hasil Maksimal

Menjadi petani yang kreatif dan inovatif pada zaman ini, itu menjadi tuntutan. Namun bukan hanya itu, juga perlu menjadi petani yang cerdas. Maksudnya sebagai seorang petani harus mampu memikirkan jenis tanaman apa yang ditanam yang hasilnya bisa maksimal. Seperti halnya yang dilakukan oleh petani gaharu di desa Blau, Pakisaji, Kabupaten Malang. Sekitar 9 tahun yang lalu, beliau ditawari untuk menanam gaharu. Sekarang pohon gaharunya siap untuk diinokulasi, walaupun beberapa pohon masih kecil karena bercabang tiga serta tidak ada pendampingan selama ini untuk merawat pohon gaharu yang mereka tanam.

Setelah berkunjung ke beberapa lokasi di Jawa, Bali, Lombok dan Kalimantan, ternyata sudah banyak petani yang menanam gaharu secara mandiri. Mereka mendapatkan bibit dari dinas kehutanan yang dibagi-bagikan melalui aparat desa setempat. Ada petani yang menanam secara mandiri sekitar 2 – 10 tahun yang lalu. Ada juga cukup banyak yang tumbuh secara alami di lahan atau kebun mereka.

Salah Satu Kebun Gaharu Milik Pak Puling di Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Salah Satu Kebun Gaharu Milik Masyrakat di Blimbingsari, Jembrana, Bali

Kami dari tim PT. Duta Gaharu Indonesia divisi Jawa Timur mau berbagi tips bagaimana metode inokulasi gaharu agar hasil maksimal. Jika selama ini kita sudah terbiasa untuk melakukan inokulasi dengan melakukan pengeboran pada batang, kemudian memasukkan obat inokulan pada bekas bor pada batang lalu ditutup. Setelah panen, maka dilakukan pemisahan antara kayu biasa pada batang dengan gaharu yang dihasilkan dari obat inokulan yang disuntikkan pada batang kayu gaharu. Sebagai akibatnya, banyak kayu biasa yang terbuang pada saat proses dicarfing.

Oleh karena itu, agar hasil lebih  maksimal saat panen gaharu, maka PT. DGI menerapkan metode yang baru dengan cara pengolesan pada batang, sebelum dilakukan pengeboran. batang pohon gaharu akan dikupas, kemudian dilakukan pengolesan pada batang. Hal ini dilakukan agar saat panen batang bagian luar yang dioles nantinya akan disiapkan untuk hasil sulingan. Sementara yang dibor diproses seperti biasanya. Teknik ini dilakukan treatment dari luar dan dalam, sehingga harapannya hasilnya lebih maksimal.

Batang Pohon Gaharu Dikupas Sebelum Dioles Dengan Obat Inokulan

Batang Pohon gaharu Dioles Setelah Dikupas

Setelah dilakukan pengolesan, maka dapat dilakukan tahapan berikutnya yaitu pengeboran pada batang. Untuk melakukan treatment dari dalam. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan obat inokulan bekerja pada pohon gaharu yang sedang diinokulasi, dengan harapan bahwa hasilnya akan lebih maksimal.

Setelah Beberapa Waktu, batang Pohon Yang Telah Dioles Siap Diinokulasi

Setelah Sebulan Dioles Hasil Sudah Mulai Hitam Pada Batang dengan Kedalaman Setengah Centimeter

Demikian sekilas info tentang teknik inokulasi gaharu dengan cara pengolesan sebelum dilakukan pengeboran pada batang. Kiranya bermanfaat, dan untuk info selengkapnya tentang budidaya, bibit gaharu, inokulasi dan investasi gaharu, segera hubungi kami di HP/WA: +62 822-3211-1864, website kami di www.gaharujatim.com atau email: dgijatim@gmail.com

Terima kasih,

 

Salam Gubal Gaharu

Advertisement

No comments.

Leave a Reply