MENGENAL LEBIH DEKAT GAHARU JENIS AQUILARIA spp


MENGENAL LEBIH DEKAT GAHARU JENIS AQUILARIA spp

Daun Aquilaria spp

 

Artikel Terkait : Kemenhut Permudah Pemanfaatan Gaharu Budidaya
Daun Gaharu

Daun Gaharu

Salah satu ciri dari gaharu jenis Aqualaria adalah tinggi batangnya dapat mencapai antara 35 – 40 m, berdiameter sekitar 60 cm, kulit batang licin, berwarna putih atau keputih-putihan, dan berkayu keras. Daun lonjong memanjang dengan ukuran panjang 5 – 8 cm dan lebar 3 – 4 cm. Ujung daun runcing, warna daun hijau mengkilap. Bunga berada di ujung ranting atau diketiak atas dan bawah daun. Buah berada dalam polongan berbentuk bulat telur atau lonjong berukuran panjang sekitar 5 cm dan lebar 3 cm. Biji berbentuk bulat atau bulat telur yang tertutup bulu-bulu halus berwarna kemerahan.

Jenis Aquilaria Malanccensis di wilayah potensial dapat mencapai tinggi pohon sekitar 40 m dan berdiameter 80 cm. Beberapa nama daerahnya antara lain ahir, karas, gaharu, garu, halim, kereh, mengkaras dan seringak.

Tanaman tumbuh pada ketinggian hingga 750 m dpl pada hutan dataran rendah hingga pegunungan, pada daerah yang beriklim panas dengan suhu rata-rata 32 derajat celcius  dan kelembapan sekitar 70%, dengan curah hujan kurang dari 2.000 mm/tahun.

Jenis Aquilaria Microcarpa memiliki tinggi sekitar 35 m berdiameter sekitar 70 cm. Nama daerahnya antara lain tangkaras, engkaras, karas, dan garu tulang. Sedangkan Aquilaria Filaria berketinggian antara 15 – 18 m dan berdiameter sekitar 50 cm. Di Papua, memiliki nama daerah age dan di Maluku disebut las. Tumbuh di hutan dataran rendah dan rawa hingga ketinggian sekitar 150 m serta pada kawasan beriklim kering, bercurah hujan sekitar 1.000 mm / tahun.

Aquilaria spp

Aqularia Beccariana memiliki nama daerah mengkaras, gaharu, dan gumbil nyabak. Tumbuh hingga ketinggian 850 m dpl pada kondisi kawasan beriklim kering dengan curah hujan sekitar 1.500 mm/tahun. Dalam kenyataan di lapangan, bentuk morfologis sesuai organ pohon, baik profil batang, warna kulit batang, bentuk daun atau anakan alam yang tumbuh di bawah pohon agak sulit dibedakan. Bila mengamati organ bunga, bentuk buah, dudukan buah pada pohon dan warna buah, secara fisik dapat dibedakan dan menjadi dasar dalam membedakan jenis pohon.

Semoga bermanfaat,

Sumber : Yana Sumarna “Gaharu Budidaya dan Rekayasa Produksi”

Untuk informasi budidaya dan investasi gaharu, segera hubungi kami PT. Duta Gaharu Indonesia Divisi 1 Jawa Timur, CP: Bpk Ronny, Mobile: *Simpati:081334123595, *IM3: 085746861974, *WA: 082232111864, *BB: 5c66e308, atau *Email: dgijatim@gmail.com