Proses Inokulasi Tahap Pertama di Pakisaji, Kabupaten Malang

Dalam budidaya gaharu, salah satu hal terpenting adalah proses inokulasi atau penyuntikan. Penyuntikan atau inokulasi akan dilakukan pada pohon gaharu saat pohon minimal berdiameter 15 cm. Dalam pengembangan yang dilakukan oleh beberapa perusahaan, ada yang mulai inokulasi pada usia 2 tahun dsb. Namun dalam hal ini, kami tidak akan membahas akan hal itu. Proses inokulasi yang dilakukan oleh Tim DGI masih merekomendasikan hasil penelitian yang mensyaratkan diameter batang minimal 15 cm.

Dalam pengembangannya saat ini, sebelum melakukan pengeboran pada batang pohon (proses inokulasi) ada persiapan untuk melakukan pengolesan batang. Pada tanggal 14 April 2017 ini telah dilakukan proses pengolesan batang sebagai persiapan Inokulasi untuk beberapa pohon gaharu jenis Aquilaria Malaccensisi milik petani di wilayah Blau, Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berikut adalah dokumentasi kegiatan tersebut :

Pohon Gaharu Milik Salah Satu Petani Siap Diinokulasi

Proses Pengupasan Kulit Pada Pohon Gaharu Untuk Persiapan Pengolesan Pada Batang Pohon

Bersama Petani Melakukan Proses Pengupasan Kulit Sebelum Pengolesan

Proses Pengolesan Batang Pada Pohon Gaharu Yang Akan Diinokulasi

Proses Pengolesan Batang Pohon Gaharu

Setelah sebulan pengolesan pada pohon gaharu, maka dilakukan pengecekan dan hasilnya luar biasa. Berikut beberapa dokumentasi terhadap hasil pengecekan di lapangan setelah sebulan.

Pengecekan Terhadap Pohon Gaharu Yang Telah Dioles Sebulan Yang Lalu

Hasil Pengolesan Setelah Sebulan Sudah Berwarna Coklat

Pohon Yang Telah Dioles Sebulan Sudah Berwarna Coklat, Siap Untuk Tahap Berikutnya Yaitu Pengeboran Saat Musim Kemarau

Kiranya proses inokulasi di tahap selanjutnya yaitu pengeboran yang akan dilakukan saat mulai musim kemarau dapat berjalan dengan lancar. Bersyukur untuk hasil dari pengolesan batang berjalan dengan baik. Tinggal menunggu musim kemarau untuk melakukan tahap berikutnya, yaitu pengeboran pada batang pohon gaharu.

Bagi teman-teman Investor yang berminat invest inokulasi, masih tersisa beberapa pohon yang siap diinokulasi di lokasi yang sama yaitu di Blau, Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bahkan ready banyak pohon gaharu milik petani yang siap diinokulasi tetapi mereka kesulitan dana. Untuk itu bagi teman-teman yang minat untuk investasi melalui inokulasi, bisa segera hubungi kami DGI Jatim. Beberapa petani gaharu menghubungi kami untuk bermitra dalam hal inokulasi. Beberapa lokasi itu seperti di Negara, Jembrana, Bali, di Mataram, Lombok, NTB, di Tana Toraja, Sulsel, di Kalbar, Kalteng, Kaltim bahkan di Sumatra banyak juga yang minta untuk diinokulasi. Apakah Anda tertarik untuk investasi dalam hal inokulasi atau budidaya gaharu, segera hubungi kami di HP/WA: 082232111864, 085608962121 atau email : dgijatim@gmail.com atau kunjungi website kami di www.gaharujatim.com. Let’s Go Green….

Terima kasih, semoga bermanfaat,

Salam Gaharu.

 

Advertisement

No comments.

Leave a Reply