Seminar Gaharu di GKII Metun Sajau, Kalimantan Utara


Pada awal bulan Nopember 2017 saya diberi kesempatan untuk berbagi tentang budidaya gaharu di GKII Daerah Kayan Hilir, Metun Sajau, kalimantan Utara. Pada kesempatan ini dapat berbagi pada warga jemaat GKII yang pesertanya berasal dari berbagai lokasi di seluruh kalimantan Utara.

Gapura Menuju Lokasi Tempat Seminar & Ucapan Selamat Datang Para Peserta Seminar

Sungguh sambutan hangat dari para Panitia dan peserta seminar, sungguh memberikan semangat bagi saya pribadi. Setelah seminar selesai saya menyimpulkan bahwa, ternyata sudah banyak dari peserta yang telah menanam gaharu beberapa tahun yang lalu. Sekarang sudah besar dan tinggal diinokulasi.  Namun masalahnya tidak ada pendampingan dan edukasi yang cukup kepada mereka tentang budidaya gaharu, sehingga selama ini mereka berkata, “Mau diapakan pohon ini??”, “Kami hanya tahu tanam, setelah besar kami tidak tahu mau bagaimana supaya bisa dinikmati hasilnya?”. Kira-kira itu garis besar dari pertanyaan mereka saat bertemu di acara seminar. Berikut adalah dokumentasi kegiatan seminar gaharu yang diadakan pada hari, Rabu, 01 Nopember 2017 di GKII Metun Sajau, Kalimantan Utara.

Foto Bersama Bapak Gembala, Rekan Panitia & Pengurus Sebelum Kegiatan Seminar

Foro dengan Pak Elya Ikin Perwakilan DGI Kaltara

Sangat senang bisa ketemu dengan Pak Elya Ikin sebagai sesama alumni STII Yogyakarta, kita ketemu di Bumi Borneo. Kiranya program ini dapat menjadi salah satu sarana yang dapat dipakai untuk program meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat sekitar Tanjung Selor dan Kaltara pada umumnya.

Foto Bersama Para Perserta Seminar

Presentasi Bagaimana Program Ini Dapat Dijadikan Program Kesejahteraan Warga Masyarakat

Antusias Para Peserta Seminar Dalam Mendengarkan Materi Seminar Gaharu

Walaupun acara seminar gaharu diadakan pada hari ketiga dari rangkaian seminar yang dilakukan oleh GKII Metun Sajau, para peserta sangat semangat untuk mengikuti acara ini. Kiranya program ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan wagra masyarakat sekitar dan tentu Kalimantan Utara pada umumnya. Terima kasih juga kepada para Panitia yang telah bekerja keras dalam menyiapkan acara ini, siang dan malam bekerja keras, bergotong royong menyiapkan segala sesuatunya, Tuhan kiranya memberkati, Amin.

Ada Posko Kesehatan Yang Siap Melayani Peserta Yang Sakit

Tetap Semangat dan Siap Melayani, Terima Kasih Panitia

Pada seminar ini rencananya hanya diisi satu sesion saja, tetapi karena minat para peserta disikapi oleh para Panitia, sehingga seminar gaharu dijadikan dua sesion, sehingga ada banyak waktu yang bisa digunakan untuk sesi tanya-jawab. Setelah presentasi pada sesion 1 dilanjutkan dengan meninjau secara langsung ada pohon gaharu yang berada tidak jauh dari lokasi tempat seminar.

Para Peserta Seminar Menuju Lokasi Tempat Pohon Gaharu Milik Salah Satu Peserta Seminar

Menjelaskan Kepada Para Peserta Seminar Salah Satu Jenis/Spesies Gaharu

Adapun Jenis Gaharu Yang Ditinjau Adalah Gaharu Buaya, Biasanya Dibunakan Untuk Kebutuhan Aksesories

Ini Adalah Ciri Gaharu Buaya, Daun Lebar dan Buah Lonjong dan Ada Ekor

Harapannya setelah mengenali ciri-cirinya, para petani atau warga masyarakat tidak salah lagi dalam menanam pohon gaharu. Karena setidaknya ada dua hal yang mendasar yang perlu diperhatikan oleh para petani yang mau budidaya gaharu, yaitu: pertama, pastikan jenis gaharu apa yang akan ditanam. Mengapa penting karena gaharu setidaknya ada 27 jenis dan sayangnya tidak semua bisa dibudidaya. Jadi pastikan kalau mau tanam gaharu, jenis gaharu apa yang akan ditanam. Kedua, jenis inokulan yang digunakan saat inokulasi. Pastikan bahwa para petani mendapatkan inokulan yang baik dan sudah terbukti menghasilkan gaharu. Jangan tergiur dengan harga inokulan yang murah, hasilnya pasti sudah diprediksi sendiri.

Demikian sekilas tentang Seminar Gaharu yang dilakukan oleh GKII di Metun Sajau, kiranya bermanfaat dan memberi semangat bagi warga yang sudah menanam dan juga bagi yang baru memulai menanam, tidak ada kata terlambat dalam program ini. Tetap semangat dan pertahankan Kalimantan Utara tetap Hijau. Let’s Go Green Kaltara.

Untuk info budidaya gaharu, bibit, inokulasi dan konsultasi segera hubungi kami PT. Duta Gaharu Indonesia, Divisi Jawa Timur HP/WA: 082232111864, Email: dgijatim@gmail.com atau kunjungi website kami di www.gaharujatim.com

Terima kasih,

Semoga Bermanfaat, Salam Gubal Gaharu.