TIPS BAGAIMANA MEMACU PERTUMBUHAN GAHARU AGAR CEPAT BESAR DAN TINGGI


 

Menanam Gaharu Bersama Mitra DGI Untuk Wilayah Pare-Kediri, Jawa Timur

Menanam Gaharu Bersama Mitra DGI Untuk Wilayah Pare-Kediri, Jawa Timur

Salah satu hal terpenting yang perlu diketahui oleh petani/mitra dalam budidaya gaharu adalah memperhatikan beberapa teknik bagaimana  cara memacu pertumbuhan tanaman gaharu Anda agar cepat besar. Tentu semua mitra mengharapkan agar bibit gaharu yang telah kita tanam akan tubuh dengan subur sehingga cepat besar dan siap untuk diinokulasi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gaharu, selain dari faktor kesesuaian jenis gaharu, jenis tanah dan lingkungan, serta  beberapa hal yang harus kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemangkasan Cabang

Artikel Terkait : Bagaimana Membudidayakan Pohon Penghasil Gaharu?

Agar tanaman Gaharu cepat besar dan tinggi maka perlu dilakukan pemangkasan cabang dan ranting. Pemangkasan ini bertujuan agar nutrisi yang diserap akar terfokus pada pertumbuhan batang pohon. Pohon yang bercabang sejak dini memiliki pertumbuhan yang agak lamban. Pemangkasan ranting dan cabang sebaiknya dilakukan setiap terjadinya cabang, yakni ketika cabang masih muda sepanjang 2/3 cm saja. Namun dapat juga dilakukan secara berkala seperti dua minggu sekali. Namun ini kurang efektif sebab cabang yang kita potong sudah banyak menyerap unsur hara yang dibutuhkan pohon untuk tumbuh. Jadi pilihlah cabang yang kuat dan subur untuk di pelihara. Lakukanlah hal tersebut sampai bibit setinggi kira-kira 2 m. Namun bisa terus dilakukan bila dianggap masih perlu. Gunakan Pisau yang tajam atau gunting tanaman.   Ingat daun hasil pemangkasan dapat Anda jadikan teh gaharu. Praktis dan bias langsung mulai menikmati hasilnya dari memanfaatkan daunnya.

2. Pemupukan

Agar gaharu cepat besar dan tinggi lakukanlah pemupukan secara rutin dan disesuaikan dengan kebutuhan pohon. Anda dapat mengunakan pupuk organik seperti kompos dan pupuk kandang yang dapat dilakukan 3 bulan sekali. Ikutilah tatacara pemupukan yang benar sesuai dengan kebutuhan pohon gaharu Anda.

3. Pembasmian Hama

Agar gaharu cepat besar dan tinggi adalah dengan mengendalikan hama pada tanaman gaharu. Ada banyak jenis hama yang menyerang tanaman gaharu. Seperti busuk akar, ganguan ulat pemakan daun dan serangan hama kutu putih. Untuk membasmi kutu putih lakukanlah pembersihan secara rutin, hindari naungan yang menyebabkan tanaman terlalu lembab dan berilah kapur dolomit agar kondisi tanah tidak terlalu asam yang akan menyebabkan pembusukan pada akarnya. Lakukan penyemprotan secara rutin baik ketika terjadi serangan hama ataupun sebagai perawatan.

4. Naungan

Membuat Peneduh Untuk Tanaman Gaharu

Membuat Peneduh Untuk Tanaman Gaharu

Memberi naungan pada tanaman gaharu, saat mulai ditanam sangat penting, apalagi jika ditanam dengan pola monokultur. Sebab tanaman ini hanya membutuhkan 40% – 60% saja sinar matahari di taham awal penanaman. Daunnya sangat pekah terhadap terik sinar matahari langsung sepanjang hari. Salah satu hal yang sering kurang dipahami oleh petani/mitra sehingga tanaman gaharu yang ditanam daunnya menguning, lalu rontok bahkan mati. Oleh Karen itu, agar gaharu Anda dapat tumbuh dengan sehat dan cepat besar maka berilah naungan. Gaharu termasuk jenis pohon yang dalam pertumbuhannya memerlukan naungan agar ia dapat tumbuh secara optimal. Naungan dapat berupa naungan berbentuk tanaman seperti: singkong, pepaya dll. Atau naungan dari atap daun ilalang, pelepah pisang atau kelapa, paranet dan sebagainya.

5. Jarak Tanam yang sesuai

Agar tanaman gahau cepat pertumbuhannya menjadi besar dan tinggi, maka untuk jarak tanam memiliki peranan yang sangat penting. Sebab berkaitan erat dengan ketersedian unsur hara yang dibutuhkan tanamn gaharu dan juga kebutuhan gaharu akan cahaya. Secara umum ada dua pola penanaman gaharu yakni monokultur (khusus tanaman gaharu saja) dan tumpang sari (tanaman gaharu di tanam di sela-sela tanaman lain, seperti sengon, jabon dan sebagainya).

a. Untuk tanaman gaharu pola monokultur ada beberapa jarak tanam yang dianjurkan

Jarak tanam gaharu 2 m x 2 m ini cocok untuk anda yang memiliki modal yang banyak dan atau keterbatasan lahan.

Jarak tanam gaharu 3 m x 3 m ini cocok untuk anda yang memiliki modal menengah

Jarak tanam gaharu 4 m x 4 m ini cocok bagi anda yang memiliki modal yang sederhana.

Untuk tahap awal tanaman gaharu membutuhkan naungan sebagaimana yang saya jelaskan di atas.

Bila Anda memilih menanam gaharu dengan pola tumpang sari, maka jarak tanamnya sangat fleksibel. Hal ini dapat disesuaikan dengan jenis tanaman yang telah ada dilahan tersebut. Namun perlu diperhatikan agar saat menanam  gaharu  jangan terlalu rapat dengan tanaman yang telah ada. Dari hasil pengamatan kami pola penanam tumpang sari dengan tanaman yang lain seperti sawit, kelapa, karet dan pisang memiliki pertumbuhan yang lebih baik, karena sudah menjadi peneduh bagi tanaman gaharu.

6. Waktu Menanam Gaharu Yang Baik

Waktu menanam gaharu yang paling baik adalah di musim hujan dengan demikian kita tidak perlu melakukan penyiraman. Namun jika di lokasi ada ketersediaan air untuk menyiram, maka kapan saja penanaman dapat dilakukan, yang terpenting pada musim kemarau usahakan tanahnya tetap lembab. Siapkan lahan dengan mulai membuat lubang untuk persiapan penanaman. Setelah tanah di lubangi dan di beri pupuk, biarkan selama tiga hari sampai dua minggu dulu, kemudian tanamlah bibit gaharu dengan melepas semua polibagnya dengan cara digunting, namun tetap hati-hati agar tanahnya tidak pecah/lepas meninggalkan akar bibitnya. Selamat berbudidaya sambil investasi gaharu.

 

Untuk informasi Budidaya & Investasi Gaharu

Hubungi kami segera PT. DUTA GAHARU INDONESIA DIVISI 1 JAWA TIMUR

Jl. Ontoseno 8 No. 60A, Malang, Jawa Timur.

CP: Bpk. RONY, HP: 081334123595 dan WA: 082232111864, BB: 53d4b5ba

atau email: dgijatim@gmail.com / rony@gaharujatim.com

 

Semoga bermanfaat,

 

 

Salam Gaharu.